Cara Mengetahui Data-data di Sekolah

Salam Guru

Salam satu data, Kali ini kami akan memposting cara mengetahui data sekolah anda dan data sekolah lainnya. Dalam pengenalan basis data baru ini kita diharapkan bisa membangun kekurangan-kekurangan yang ada disekolah kita sendiri, Namun juga kita bisa memberikan masukan kepada sekolah lain apabila menurut anda ada bagian tertentu yang dirasa masih kurang.

Data sekolah memang diperuntukkan untuk mengetahui tentang data-data di sekolah. Karena yang namanya data, pastinya kita tidak luput dengan yang namanya “kesalahan” dalam menulis data. Data yang diambil adalah hasil sinkronisasi Dapodik, jadi data yang muncul dalam data sekolah adalah murni dari hasil penginputan didalam Dapodik.

OPS sebagai ujung tombak data sekolah menjadi “Pahlawan Data” di lingkup sekolah. Kerja keras dan kerja cerdas OPS sangat dibutuhkan oleh sekolah ketika mengerjakan data-data yang ada di sekolah.

Sebagaimana yang telah diutarakan diatas, apabila data sekolah ada yang kurang pas masih bisa kita benahi didalam Dapodik. Jangan langsung marah kepada OPS, bicarakan bersama, sehingga OPS bisa bekerja dengan Maksimal.

Langkah-langkah untuk mengetahui Data Sekolah Anda :
  1. Langkah pertama : masuk ke alamat http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/ atau klik disini  
    Cara Mengetahui Data-data di Sekolah
  2. Langkah kedua : Masukkan data sekolah anda, mulai dari Kabupaten, Jenjang sekolah, Status dan Nama Sekolah / NPSN kemudian klik cari sekolah. 
    Cara Mengetahui Data-data di Sekolah
  3. Langkah ketiga :  Pastikan Muncul tampilan seperti gambar berikut 
    Cara Mengetahui Data-data di Sekolah
  4. Langkah keempat  :  Arahkan cursor ke kolom “Perbandingan sekolah” klik tanda panah kebawah 
    Cara Mengetahui Data-data di Sekolah
  5. Langkah kelima :  Arahkan kebawah lagi dan klik “lihat” 
    Cara Mengetahui Data-data di Sekolah
  6. Langkah keenam :  Pastikan akan muncul tampilan seperti ini, silahkan teliti data anda. Apabila sudah lengkap dan benar ya biarkan dulu, tapi jika ada data yang masih kurang bias dibetulkan dalam aplikasi Dapodik 
    Cara Mengetahui Data-data di Sekolah
  7. Langkah ketujuh  :  Arahkan cursor kebawah lagi dan anda dapat menemukan letak posisi anda didalam Peta. Anda juga dapat melihat seberapa jauh letak sekolahan anda dengan sekolahan di kecamatan anda, dengan Dinas Pendidikan kecamatan, kabupaten bahkan dinas pendidikan di propinsi. Semua itu dapat anda lihat di peta dan yang menarik terlihat juga seberapa jauh jaraknya dapa anda lihat disitu. Menarik kan? 
    Cara Mengetahui Data-data di Sekolah


Detail Sekolah
Dalam detail sekolah disebutkan beberapa hal yang berkaitan dengan sekolah Anda. Antara lain Prestasi dan penghargaan, Siswa, Guru, Rombongan Belajar, Sarana dan Prasarana, Nilai Akreditasi, Nilai Ujian Nasional (Tahun 2015) dan Program Pembangunan (Bantuan)
Cara Mengetahui Data-data di Sekolah

Misalnya anda klik salah satu item Siswa, maka secara otomatis dapat kita lihat jumlah siswa dari kelas 1 s/d kelas 6.
Cara Mengetahui Data-data di Sekolah

Begitu juga jika anda klik item yang lain. Data sekolah layaknya seperti cerminan di sekolah itu sendiri. Anda bias melihat Data Sekolahan manapun di seluruh Indonesia. Anda juga bias memberikan kritik dan saran pada sekolah yang anda tuju…

Semoga bermanfaat
Salam Guru




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Data-data di Sekolah"

Post a Comment